Gaul Di Masjid, Asyik Loh

Gaul di Masjid, Asyik Loh!

Media Indonesia, Ahad/28 September 2008

Oleh: Ketua Departemen Jurnalistik RISKA 2007-2008

RISKA alias Remaja Islam Sunda Kelapa bisa dibilang organisasi aktivis muda masjid dengan kegiatan lengkap.

Selain belajar agama, juga tersedia wadah aktivitas ber-kesenian, olahraga, tafakur alam, hingga acara berbagi dengan kaum dhuafa. Jadi, tak ada kata bete di masjid karena melulu hanya mengikuti pengajian atau ceramah agama.

Pemberian materi keagamaan juga selalu asyik. Pengisi materi tidak hanya ustadz, tapi juga trainer, penulis buku, atau praktisi. Materi yang diberikan disesuaikan request anggota, juga tersedia jenjang pendidikan keagamaan yang bisa kamu pilih.

Bagi pelajar SMA, ada Studi Dasar Islam Siswa (SDIS) setiap ahad pagi. Untuk mereka yang sudah kuliah atau kerja bisa memilih Studi Dasar Terpadu Nilai Islam (SDTNI). Konsep mengenal Allah dan Rosul, juga yang hak dan batil, semua ada di forum ini setiap Sabtu sore.

Setelah lulus dari SDTNI, bisa melanjutkan ke Studi Lanjutan Terpadu Nilai Islam (SLTNI). Materinya sudah lebih fokus dan mendalam. Yang masuk SLTNI ada tes terlebih dahulu, agar pemahaman keagamaannya setara. Jadi, jangan khawatir bengong karena tertinggal. Forumnya setiap Ahad pagi.

Selain itu, ada Bimbingan Membaca Al-quran (BMAQ) serta Keputrian, yang terakhir pastinya Cuma buat akhwat atau perempuan. Iya dong, perempuan kudu paham tentang hak dan kewajibannya, serta bagaimana bersikap. Selain juga ada belajar masak, merangkai bunga dan hantaran, atau ke salon bareng.

Semua departemen diatas, mulai dari SDIS, SDTNI, SLTNI, BMAQ, dan keputrian, berada di bidang I atau pendidikan. Tiap paket biasanya sekitar 4-5 bulan, biayanya sekitar Rp.250.000,- dan bisa dicicil.

Bidang II atau minat dan bakat mengarah pada keahlian. Departemen yang ada didalamnya, fotografi, jurnalistik, kesenian, kajian, juga olahraga dan pecinta alam. Dalam pelatihannya relatif lebih cepat dan banyak praktiknya.

Departemen Jurnalistik kini punya majalah Media RISKA (Meris). Selesai pelatihan Jurnalistik, pesertanya dapat ikut mengelola. Departemen Kesenian, ada pelatihan vokal, broadcast, dan Band.

Mau olahraga?ada basket juga outbond. Bagi yang hobby fotografi bisa ikut workshop, diantaranya tentang wedding dan pencahayaan.

Departemen Kajian RISKA, setiap Jumat malam mengadakan pengajian akhir pekan RISKA alias Paris. Para pekerja kantor ywng ingin mendengarkan tausyiah sepulang kerja bisa mampir. Terbuka untuk umum dan gratis. Temanya berganti setiap pekan, dari masalah pernikahan sampai kesehatan. Paris kini sudah punya komunitas, RISKA Paris COMMUNITY. Departemen ini juga ada pelatihan Public Speaking.

Semua anggota RISKA wajib mengikuti mentoring dinamika kelompok setiap sekali sepekan. Hari dan waktunya sesuai kesepakatan kelompok dan mentornya masing-masing. Sifatnya tidak formal. Sharing, transfer ilmu, diskusi, atau curhat bisa dilakukan disini.

Terakhir, bidang III yang mengurusi aktivitas sosial. Hanya ada dua departemen disini, adik asuh RISKA (AAR) dan RISKA Riscue (Riscue). Sekarang, ada sekitar 20 adik asuh di RISKA. Terbuka kesempatan bagi kamu yang ingin menjadi kakak atau orangtua asuh. Ada paket yang ditawarkan sesuai kemampuan tiap-tiap donatur.

RISKA sempat diundang sekretariat Asean sebagai remaja masjid terbesar di Asia. Padahal jauh sebelum dikenal kalangan remaja sekarang, aktivitasnya dimulai dari sekelompok remaja yang setiap bulan puasa selalu mengikuti shalat tarawih di Bappenas dan Wisma Tani. Melihat semangat para anak muda, orangtua mereka berkompromi memberikan wadah dan mengarahkan ke ajaran Islam.

Kepengurusan RISKA terbentuk pada tahun 1971, berawal dari pengajian anak muda sekitar jalan Subang, Menteng. Namun, RISKA kini tentu terbuka buat siapapun, tak mesti tinggal di Menteng. Ikutan gabung yuk! http://www.riskaonline.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: